Cara Cegah Uban Di Usia Remaja

Advertisement
Advertisement
ambut beruban bukan saja permasalahan bagi mereka yang telah berumur. Namun kini semakin banyak remaja memiliki permasalahan tersebut. Rambut beruban biasanya disebabkan karena stres, pola makan, kesehatan rambut, dan faktor umur. Namun, permasalahan ini cukup membuat gelisah para remaja khususnya perempuan. Biasanya remaja perempuan yang rambutnya beruban akan menjadi tidak percaya diri ketika berpenampilan. Apabila  remaja perempuan yang memiliki rambut beruban, ada baiknya untuk menyimak 5 tips berikut ini:

1. Konsumsi vitamin B12 Mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin B12 sangat baik untuk kesehatan rambut. Vitamin B12 akan membantu menangkal tumbuhnya uban lebih cepat. Untuk itu, sering-seringlah mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin B12, seperti telur, kepiting, salmon, ikan, dan hati.

2. Jangan stress Profesor Robert Lefkowitz dari Duke University, North Carolina, Amerika Serikat mengatakan bahwa stres yang kronis dapat menyebabkan berbagai kondisi dan kelainan pada manusia, seperti rambut beruban hingga kelainan lain yang mengancam kehidupan. Ada baiknya untuk mencegah stres dengan mengonsumsi makanan yang kaya protein dan selalu melakukan kegiatan yang menyenangkan.

3. Jangan merokok Rokok bukanlah hal yang berguna bagi tubuh. Banyak penyakit yang bisa ditimbulkan akibat merokok, seperti jantung, kanker, sesak nafas, dan lain sebagainya. Namun, tidak hanya mengganggu kesehatan tubuh, rambut pun juga dapat mengalami kerusakan akibat rokok, seperti kerontokan dan tumbuhnya uban.

4. Kurangi makanan pedas Jika tidak ingin rambut ada beruban, maka ada baiknya untuk mengurangi makanan pedas. Makanan pedas, mengandung kafein, alkohol, dan asam dapat dengan mudah menjadikan kulit kepala menjadi kering. Daripada terlalu sering mengonsumsi makanan tersebut, lebih baik memakan sayur-mayur yang bisa menyehatkan tubuh dan rambut.

5. Konsumsi makanan bertembaga Mengonsumsi makanan bertembaga juga baik untuk kesehatan rambut. Makanan bertembaga bisa mencegah tumbuhnya uban pada rambut. Untuk itu, konsumsilah makanan yang mengandung tembaga, seperti bayam, daging, nanas, dan delima.

Advertisement