Minum Air Dingin Setelah Makan ! Ini Efek Sampingnya

Advertisement
Advertisement
- Banyak orang mempunyai kebiasaan meminum air dingin setelah makan. Meminum air dingin setelah makan memang sangat segar.
Tapi faktanya air dingin dapat memperlambat proses pencernaan. Selain itu, kondisi dingin bisa membekukan makanan berminyak yang baru dikonsumsi.
Ternyata kebiasaan ini dapat mempersempit saluran usus dalam perut. Hal ini disebabkan menumpuknya lemak karena keadaan perut yang dingin.
Selain itu meminum air dingin setelah makan dapat menyebabkan perut menjadi kembung. Karena tubuh harus menyesuaikan suhu air dingin yang masuk kedalam tubuh agar sesuai dengan suhu tubuh.
Pada suhu dingin menyebabkan saraf-saraf disekitar mulut, tenggorokan, sampai perut bagian atas menjadi kaget. Kemudian selaput lendir disekitar saraf tersebut akan ikut mengerut dan menyebabkan enzim serta cairan lambung bereaksi.
Efek lain yang bisa ditimbulkan karena selalu meminum air dingin dari dispenser atau dengan menambahkan es batu dapat mengganggu sistem pencernaan.
Karena kebiasaan ini dapat membuat kita susah buang air besar. Kesulitan buang air membuat kita merasa tidak nyaman. Inilah alasan mengapa sering dianjurkan untuk meminum air hangat setelah makan. Air hangat bagus untuk kesehatan dan memiliki beragam manfaat. Atau alternatif lainnya jangan menambahkan es pada air dan minum air dalam suhu normal.
Guys bagi kamu yang gemar minum air dingin setelah makan sebaiknya kurangi kebiasaan ini demi kesehatan.

Advertisement